• Perbedaan RAM dan Processor


    Prosesor (Processor) merupakan alat (chip) yang terdiri dari jutaan sampai milyaran komponen berukuran mikro/nano yang dipadu menjadi satu, dimana tugasnya adalah melakukan proses dari setiap alat dan input yang masuk sehingga menghasilkan suatu intruksi ke beberapa perangkat lain untuk diproses lebih lanjut. Kegagalan dalam perosesan di prosesor dapat menyebabkan ketidak stabilan sistem yang sedang berjalan.

    Sedangkan pengertian singkat RAM atau kepanjangan dari Random Acces Memory merupakan peripheral pendukung (tambahan) yang juga harus ada untuk membantu kinerja Prosesor. Pengertian sederhananya, RAM memfungsikan dirinya untuk menampung setiap input untuk nantinya diserahkan tugasnya kepada Prosesor sebagai alat pemroses inputan tersebut.

    Lalu apa hubungan keduanya terhadap kinerja smartphone dan sekaligus menjadi tolok ukur konsumen dalam memilih gadget idamannya?

    Ketika Ponsel pintar pertama kali dihidupkan, maka tugas berat yang prtama kali dilakukoan oleh Prosesor. Di proses booting Otak CPU ini melakukan tugasnya untuk mempersiapkan segala pernagkat yang menancap di Mainboard (MotherBoard) serta memastikan seluruhnya berjalan dengan baik, Mulai dari VGA, RAM, Layar, ROM dan lain sebagainya di check tanpa satupun terlewatkan oleh prosesor.

    Ketika Prosesor menemukan adanya perangkat yang bermasalah, biasanya booting tidak dapat dilanjutkan untuk pembacaan proses selanjutnya sehingga sistem operasi tidak akan diproses lebih lanjut. Dan ketika segalanya sudah FIX dan tidak ada masalah, maka proses pembacaan sistem dari ROM akan dilakukan dengan bantuan RAM sebagai Buffer utamanya. Prosesor sendiri juga bisa memiliki singgle core ( prosesor tunggal) ataupun beberapa core ( prosesor bertingkat) seperti Dual Core ( dua prosesor ), QuadCore ( 4 prosesor), hexacore, dexacore dan lebih tinggi lainnya yang akan membuat proses semakin cepat..
    .
    RAM melakukan tugasnya untuk memperingan pekerjaan prosesor ketika ada proses baca dan tulis dari ROM maupun perangkat penyimpanan Eksternal. Proses pembacaan ribuan file akan ditampung di RAM kemudian dengan urutan yang sudah ditentukan akan masuk ke dalam unit Proses (prosesor) untuk dieksekusi sehingga menghasilkan Output yang diinginkan dari sebuah sistem.

    Dalam bahasa sederhana, bisa dicontohkan kalau RAM itu adalah sekumpulan Karyawan yang membantu atasannya untuk menyelesaikan berbagai tugas sehingga tugas cepat selesai. Semakin banyak jumlah karyawan maka semakin cepat pula pekerjaan diselesaikann sehingga tugas lain yang menunggu terasa ringan dilakukan.

    Diatas adalah gambaran bagaimana Prosesor dan RAM menentukan kinerja sebuah ponsel pintar. Jadi bila pembaca melihat ada spesifikasi ponsel dengan ukuran RAM misal 3GB dan Processor QuadCore 2GHz maka akan lebih cepat yang mempunyai RAM 4GB dengan prosesor QuadCore 2GHz, hal tersebut dikarenakan buffer dari RAM lebih tinggi walaupun prosesor sama dalam segi kecepatan.

    Nah, jadi semakin tahu kan mengapa RAM dan Prosesor itu berkaitan erat satu sama lain dalam menentukan sebuah kinerja smartphone..



    Follow instagram :
    @AiGadgetService
    @AiGadgetService
    @AiGadgetService
    @AiGadgetService
    .
    ~ Ai Gadget Service~
    📢 Tips-tips, Sparepart & Aksesoris Gadget
    📣 Jasa Servis Gadget
    🔧 Service Cepat, Terjangkau, Bergaransi
    📍 Komplek Rumah Koperasi Candra Duta Sedana, Jl. Batas Dukuh Sari No.7, Sesetan, Denpasar Selatan, Denpasar City, Bali 80222
    📲 081246677886 - Klik di sini untuk chat WhatsApp
    📦 COD/Gojek/JNE/JnT
    #aigadget #aigadgetservice

    www.aigadgetservice.com

    #gadget #handphone #denpasar #gianyar #klungkung #tabanan #badung #karangasem #singaraja #jimbaran #kuta #canggu #sanur #nusadua #bali #wisatabali #gadgetbali #servicehandphone #tips #tipshandphone #tipsgadget #hp #service #indonesia #smartphone
  • 0 Comments:

    Posting Komentar

    KONSULTASI GRATIS

    Bertanya tentang kerusakan dan estimasi biaya perbaikan? Konsultasikan langsung dengan Teknisi Kami.

    ALAMAT

    Ai Gadget Service

    Jl. Pulau Roti No. 8

    Sesetan-Pedungan (Samping J&T)

    Kec. Denpasar Selatan

    Kota Denpasar - Prop. Bali

    JAM BUKA

    10.00 - 21.00 WITA

    EMAIL

    aigadgetservice@gmail.com

    Telephone/WhatsApp

    +62 81 24 66 77 88 6